Alat Selam Wajib Pakai Bagi Para Penyelam Pemula

Indonesia merupakan negara maritim dimana sekitar 70% wilayahnya merupakan perairan. Hal ini menjadikan sumber daya alam Indonesia sangat kaya dengan hasil lautan. Tak hanya itu, lautan Indonesia juga dikenal akan keindahannya sehingga selalu membuat banyak wisatawan tertarik untuk menilik lebih dekat lagi bawah lautan Indonesia. Tak heran jika kini spot penyelaman di Indonesia semakin banyak […]


Indonesia merupakan negara maritim dimana sekitar 70% wilayahnya merupakan perairan. Hal ini menjadikan sumber daya alam Indonesia sangat kaya dengan hasil lautan. Tak hanya itu, lautan Indonesia juga dikenal akan keindahannya sehingga selalu membuat banyak wisatawan tertarik untuk menilik lebih dekat lagi bawah lautan Indonesia. Tak heran jika kini spot penyelaman di Indonesia semakin banyak saja yang di explore dan dijadikan sebagai tempat wisata. Untuk bisa menyelam dalam kedalaman tertentu untuk melihat keindahan lautannya, pastilah diperlukan alat selam yang lengkap sehingga penyelam bisa aman di dalam air.

Perlu diketahui jika ada lebih dari 4.000 spesies ikan yang ada di perairan Indonesia dimana jumlah ini adalah 25% dari spesies ikan yang ada di bumi. Kaya sekali bukan? Hal ini jugalah yang menjadi alasan mengapa aktivitas menyelam banyak digandrungi saat ini. Bagi Anda yang mulai tertarik untuk olahraga ini, maka bisa juga berlatih di beberapa spot yang aman untuk pemula sehingga dapat berlatih teknik menyelam. Menyelam sebetulnya tidak semenyeramkan yang dibayangkan jika sudah dilakukan. Anda bisa mengikuti beberapa kursus singkat menyelam di beberapa tempat wisata dengan membayar sejumlah biaya.

Agar aktivitas menyelam aman, maka berikut ini beberapa peralatan menyelam yang wajib untuk dikenakan saat menyelam:

  • Bouyancy Control Device

BCD merupakan jaket yang umum dipakai oleh semua penyelam. Selang inflator yang ada pada BCD ini terhubung dengan tangki oksigen. Ada dua tombol yaitu inflate dan deflate di BCD yang berfungsi untuk dapat mengatur tekanan udara sehingga tubuh dapat seimbang ketika di dalam air. Perlu diketahui jika semakin banyak udara dalam jaket, maka tubuh Anda akan naik dan sebaliknya.

  • Regulator

Alat selam selanjutnya yang wajib dipakai oleh para penyelam adalah regulator yang membantu Anda untuk bisa bernafas di dalam air. Ada katup khusus yang dapat mengatur aliran oksigen ketika penyelam menarik nafasnya. Ketika penyelam menghembuskan nafas, maka regulator ini akan melepaskan dalam bentuk gelembung. Biasanya seorang penyelam juga dibekali dengan regulator cadangan sehingga keamanan lebih terjaga.

  • Depth gauge

Alat ini mampu membantu penyelam untuk dapat mengetahui kedalaman ketika di dalam air. Kedalaman penyelaman ini nantinya bisa sangat dekat dengan keselamatan mengingat semakin dalam yang diselami, maka semakin singkat pula waktunya lantaran kadar nitrogen nya. Itulah mengapa alat ini amat penting demi bisa merencanakan penjelajahan Anda.

  • Masker, fins dan snorkel

Ketiga perangkat ini juga banyak digunakan dalam aktivitas snorkeling. Masker juga merupakan benda penting ketika Anda melakukan penyelaman. Mengingat struktur wajah setiap orang berbeda, maka masker pun sifatnya juga personal karena masker yang kurang pas bisa membuat air mudah masuk.

  • Pemberat

Untuk menjaga keseimbangan para penyelam di bawah air, dibutuhkan juga pemberat. Hampir tidak mungkin rasanya jika penyelam dapat turun menyelam tanpa menggunakan pemberat karena manusia secara umum akan mengapung saat ada dalam air.

  • Tangki scuba

Isi dari tangki ini adalah campuran gas yang dibutuhkan manusia ketika menyelam. Jika Anda menemukan bau tidak sedap atau aneh yang tercium, segera beritahukan kepada operator atau instrukturnya.

Untuk melengkapi penyelaman, maka Anda juga bisa membawa pisau selam, sarung tangan hingga senter bawah air sebagai alat selam tambahan. Pastikan mengutamakan keamanannya sehingga ketika berlatih menyelam harus dilakukan dengan serius.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *