Inidia Tempat Wisata Yang Unik dan Menarik Di Pulau Jawa

Pulau Jawa merupakan provinsi yang paling banyak penduduknya di Indonesia. Selain itu, di Pulau Jawa juga terkenal dengan banyaknya destinasi wisata yang unik dan menarik sehingga banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang mengunjunginya. Dan akses menuju ke tempat wisata yang ada di Pulau Jawa ini tidaklah sulit, karena di Pulau Jawa sudah didukung dengan […]


Pulau Jawa merupakan provinsi yang paling banyak penduduknya di Indonesia. Selain itu, di Pulau Jawa juga terkenal dengan banyaknya destinasi wisata yang unik dan menarik sehingga banyak wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang mengunjunginya. Dan akses menuju ke tempat wisata yang ada di Pulau Jawa ini tidaklah sulit, karena di Pulau Jawa sudah didukung dengan sarana transfortasi yang lengkap, contohnya adalah kereta api. Sehingga dengan demikian anda bisa mengunjungi semua objek wisata yang ada di Pulau Jawa ini dengan menggunakan kereta api. Jika anda berwisata dengan menggunakan kereta api, tentunya anda harus memesan tiket kereta api terlebih dahulu. Dalam hal ini anda bisa memesannya secara langsung atau melalui agen-agen penjual tiket lainnya seperti di Misteraladin.com. Lalu apa saja tempat wisata yang unik dan menarik di Pulau Jawa itu?

1. Kawah Putih – Bandung

Tempat wisata yang pertama akan dibahas adalah Kawah Putih. Tempat wisata yang satu ini memang termasuk tempat wisata yang sangat populer dan sudah banyak dikenal orang akan keindahan alamnya. Kawah Putih ini sendiri terletak di puncak Gunung Patuha, Ciwidey, Bandung Selatan sehingga tidak aneh kalau udara disana sangat sejuk dengan suhu sekitar 8 – 22 derajat celcius. Pada saat anda akan menuju perjalanan ke tempat ini, anda bisa menikmati perkebunan teh dengan suasana yang sangat eksotik dan berbeda dengan suasana perkebunan teh pada umumnya. Di tempat wisata ini juga anda akan disuguhkan dengan keindahan alam Kawah Putih yang indah dan menawan. Hal ini dikarenakan, terdapat suasana yang unik di atas danau kawah yang dipenuhi kabut tebal ditambah dengan warna air danaunya yang nampak berwarna putih atau coklat susu.

2. Dataran Tinggi Dieng, Banjarnegara – Wonosobo

Perlu diketahui bahwa secara administratif, Dataran Tinggi Dieng ini masuk ke wilayah Kabupaten Wonosobo. Di tempat ini anda akan bisa menikmati keindahan alamnya yang sangat indah mempesona. Misalnya adalah Telaga Warna yang warna airnya sering berubah-ubah. Konon perubahan warna air tersebut terjadi diakibatkan tingginya kandungan sulfur di dalamnya. Selain itu disana juga ada Kawah Sikidang dengan aktivitas vulkanik yang masih aktif. Karena konturnya kawahnya yang cukup datar, sehingga anda bisa menyaksikan gumpalan asap kawah yang mengandung belerang dengan jelas. Dan yang uniknya dari tempat ini adalah dengan adanya Kompleks Candi Dieng yang berdiri di atas lahan seluas 1,8 km x o,8 km. Tempat ini merupakan kompleks candi Hindu Syiwa yang konon telah dibangun pada abad ke – 8.

3. Ranu Kambolo, Malang

Jika anda mengunjungi Ranu Kambolo, anda harus menyiapkan kondisi fisik yang benar-benar matang karena pendakian ke lokasi ini membutuhkan waktu sekitar 4-5 jam. Tetapi begitu sampai ke lokasi, anda akan menemukan danau yang lusa dan jernih yang dilengkapi dengan udara segar. Ranu Kumbolo ini berlokasi di kawasan Taman Nasional Bromo-Tengger-Semeru. Pendakian menuju Ranu Kombolo juga tidak akan membosankan, karena di sepanjang perjalanan anda akan disuguhkan dengan pemandangan bukit yang ditumbuhi dengan pohon pinus dan cemar, batuan-batuan terjal, serta kepulan asap tebal yang diembuskan oleh Gunung Semeru. Pengunjung juga bisa memulai pendakian dari mulai Desa Ranu Pane yang bisa dicapai dengan berkendara selama 1,5 jam dari arah Tumpang, dan dilanjutkan dengan menyewa jip menuju Ranu Pane dengan tarif harga sekitar Rp.125.000 saja per orang.

4. Taman Situ Lembang – Jakarta

Tempat wisata ini merupakan sebuah danau buatan yang letaknya berada di Jalan Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, persisnya berada di tengah Kota Jakarta. Di Taman Situ Lembang ini, para pengunjung bisa memancing ikan seperi ikan mas, ikan gurame, dan ikan mujair dengan bebas. Di sekeliling danau tersebut, anda bisa menemukan jogging track dengan taman yang dihiasi oleh berbagai bunga-bunga yang sangat indah. Di tempat wisata ini juga anda menghabiskan waktu bersama keluarga tercinta, sambil bersantai ria dan bercengkrama.

Itulah beberapa tempat wisata yang unik dan menarik di Pulau Jawa, semoga informasi ini ada guna dan manfaatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *