Ciri-ciri Hamil Muda dan Cara Menghitung Berat Badan Ibu Hamil

Bagi pasangan yang sudah menikah tentunya ingin langsung secepatnya memiliki momongan. Untuk itu bagi anda yang baru saja menikah, harus mengetahui ciri-ciri hamil tersebut. Karena dengan mengetahu cirinya, anda bisa menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kelahiran sang bayi. Oleh karena itu dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang ciri – ciri hamil muda dan […]

Lagi Hamil Muda? 5 Perawatan Organ Intim ini Wajib Dilakukan

Bagi pasangan yang sudah menikah tentunya ingin langsung secepatnya memiliki momongan. Untuk itu bagi anda yang baru saja menikah, harus mengetahui ciri-ciri hamil tersebut. Karena dengan mengetahu cirinya, anda bisa menyiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kelahiran sang bayi. Oleh karena itu dalam artikel kali ini akan memberikan informasi tentang ciri – ciri hamil muda dan cara menghitung berat badan ibu hamil sebagai berikut ini :

1. Mudah Lelah Dan Ngantuk

Ciri-ciri hamil lainnya adalah akan lebih cepat merasa lelah dan juga ngantuk, rasa lelah dan mengantuk pada ibu hamil ini disebabkan oleh perubahan hormon. Dan juga diakibatkan oleh kinerja dari beberapa organ vital seperti ginjal, jantung, dan paru-paru yang semakin bertambah.

2. Munculnya Flek Darah Yang Diikuti Kram Perut

Ciri hamil yang satu ini tentunya tidak terjadi pada setiap orang, biasanya flek darah ini muncul sebelum menstruasi yang akan datang. Dan biasanya terjadi antara 8-10 hari setelah terjadinya ovulasi, tentunya bercak darah ini merupakan tanda-tanda hamil yang disebabkan oleh implantasi (implantantion bleeding) atau menempelnya embrio pada dinding rahim.

3. Sering Buang Air Kecil

Pada kehamilan masih muda, pada frekuensi ini biasanya untuk buang air kecil akan meningkat. Hal ini disebabkan janin yang baru tumbuh di dalam rahim menekan kandung kemih, dan akibat adanya peningkatan sirkulasi darah. Selain itu juga, pada kandung kemih ini akan lebih cepat dipenuhi oleh urine dan keinginan untuk buang air kecil menjadi lebih sering. Dengan begitu, peningkatan rasa buang air kecil juga disebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan.

4. Ngidam Tetapi Malas Untuk Makan

Ciri-ciri hamil yang lainnya adalah sering menginginkan ini itu, atau banyak orang yang menyebutnya adalah ngidam. Sehingga makanan yang diidamkan biasanya makanan yang segar seperti buah rujak, bakso, dan lain-lainnya. Tetapi, setelah menginginkannya biasanya si ibu hamil malas untuk memakannya karena rasa mual di perut.

Aplikasi Untuk Menghitung Berat Badan

Untuk menghitung IMT (Indek Massa Tubuh) atau yang dikenal dengan istilah BMI (Body Mass Index) merupakan alat pengukuran komposisi tubuh yang paling umum dan sering digunakan. Dengan menggunakan kalkulator berat badan ibu hamil ini anda bisa mengetahui berat badan yang dimiliki oleh seorang wanita saat sedang masa hamil. Dengan demikian, wanita hamil tersebut bisa memantau kenaikan berat badan dia sendiri dan bayinya yang ada di kandungan. Apalagi di era digital sekarang ini sangat dimudahkan untuk mengetahui berbagai informasi yang dibutuhkan, salah satunya adalah informasi tentang berat badan saat sedang masa hamil dengan menggunakan beberapa aplikasi di smartphone android. Berikut ini 4 aplikasi cara menghitung IMT yang bisa anda gunakan di smartphone android :

  • Berat Badan Ideal (IMT, BMI)

Aplikasi ini digunakan untuk mengukur seseorang apakah termasuk gemuk atau tidak dengan cara menghitung IMT dewasa, anak-anak, ibu hamil dengan penghitungan yang berbeda-beda.

  • Kalkulator IMT Pro

Kalkulator IMT ini merupakan sebuah aplikasi yang sederhana dan mudah digunakan untuk mengetahui berat badan seseorang dengat tepat dan akurat.  Selain itu, pada aplikasi ini juga terdapat beberapa satuan ukuran berat badan dan tinggi badan untuk melengkapi pengukuran berat badan.

Mungkin itu saja artikel kali ini tentang seputar kehamilan semoga ada guna dan manfaatnya bagi anda semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *