Bagaimana Cara Mencegah Virus Corona?

Virus corona atau yang biasa kita dengar dengan sebutan COVID-19. Memang tidak bisa diragukan lagi akan bahayanya virus tersebut yang sudah banyak memakan korban diseluruh dunia. Ithalia yang pernah menduduki tingkat teratas kematian paling banyak akibat virus tersebut kini berhasil meresahkan warga Indonesia yang mulai disadari akan penyebaran virus sudah diketahui telah terinfeksi pada salah […]

Virus corona atau yang biasa kita dengar dengan sebutan COVID-19. Memang tidak bisa diragukan lagi akan bahayanya virus tersebut yang sudah banyak memakan korban diseluruh dunia. Ithalia yang pernah menduduki tingkat teratas kematian paling banyak akibat virus tersebut kini berhasil meresahkan warga Indonesia yang mulai disadari akan penyebaran virus sudah diketahui telah terinfeksi pada salah satu warganya, sehingga yogyakarta dan jakarta termasuk daerah paling parah terjangkit akan virus tersebut. 

Untuk melindungi diri sekaligus menahan penyebaran virus corona, ada beberapa hal yang dapat kita lakukan agar tetap aman dan terhindar dari virus yang mematikan ini, seperti;

  • Cuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama 2 detik. Jika tidak bisa mencuci tangan, bersihkan tangan menggunakan hand sanitizer.
  • Hindari menyentuh area wajah langsung dengan menggunakan tangan, seperti mata, hidung, dan mulut sebelum anda membersihkan tangan tersebut.
  • Jangan keluar rumah jika merasa kurang sehat atau memiliki gejala flu. Walaupun hal tersebut sangat penting bahkan tidak bisa ditinggalkan. Lebih baik tetap diam dirumah karea dengan kondisi badan yang lemah hanya akan membuat keadaan semakin parah.
  • Gunakan masker sebagai penutup hidung ketika beraktifitas ditempat umum atau keramaian. Karena kita tidak tahu siapa dan dimana cek virus corona online berada, virus tersebut yang tidak terlihat dengan cepat menular pada orang yang berada didekatnya ataupun melakukan kontak langsung dengan sipenderita.
  • Hindari atau batasi kontak fisik dengan orang lain. Jika memungkinkan, usahakan berada pada jarak setidaknya satu meter dengan orang lain.
  • Tutup mulut dan hidung dengan tisu atau siku bagian dalam ketika batuk atau bersin. Jika menggunakan tisu, segera buang tisu tersebut.
  • Bersihkan barang-barang yang sering digunakan dengan disinfektan, seperti gawai atau handhone, laptop dan meja. Jangan biarkan barang-barang tersebut kotor apalagi jika sehabis datang dari luar.
  • Terapkan gaya hidup sehat, mulai dari pola makan, olahraga, serta hindari begadang untuk menjaga kekebalan tubuh anda. Diam dirumah bukan berarti harus berleha-leha dan menghabiskan waktu tidur, akan tetapi banyak beraktifitas seperti bersih-bersih dan olahraga dapat dengan normal dilakukan walaupun didaerah rumah, karena dengan cara tersebut kondisi kekebalan tubuh dapat terjaga.
  • Hindari berdekatan dengan orang yang sedang sakit demam, batuk, atau bahkan pilek. Usahakan segera konsultasi atau melakukan pemeriksaan terhadap dokter akan penyakit seringan apapun jika sudah ditemukan, pastikan itu bukan gejala dari virus corona atau COVID-19
  • Hindari memakan daging mentah, pastikan daging tersebut benar-benar matang bila hendak ingin dikonsumsi.
  • Hindari kontak dengan hewan, terutama hewan liar. Bila terjadi kontak dengan hewan maka pastikan cuci tangan dengan bersih setelah melakukan kontak langsung dengan hewan tersebut.

Setelah kita ketahui bagaiman pencegahan yang dapat kita lakukan untuk tidak meluasnya virus tersebut. perlu kita ketahui juga, bila kita temukana atau bersama dengan orang yang diduga terkena COVID-19 atau termasuk kategori ODP (orang dalam pemantauan), ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar virus corona tidak menular ke orang lain, apalagi keluarga, teman dan tetangga yaitu;

  • Sementara waktu biarkan tinggal terpisah dalam artian sendiri tanpa seorangpun. Atau bila hal ini tidak memungkinkan, gunakan kamar tidur dan kamar mandi yang berbeda dengan yang digunakan orang lain. Jarak yang benar-benar harus dijaga untuk emastikan penyebaran virus tidak meluas.
  • Periksakan diri kedokter hanya bila mengalami gejala gangguan pernapasan yang disertai demam atau memenuhi kriteria PDP (Pasien dalam pengawasan)
  • Jangan keluar rumah kecuali untuk mendapatkan pengobatan. Akan tetapi, jika memang hal tersebut sangat penting sehingga mengharuskan untuk keluar rumah, pastikan tubh dalam keadaan sehat dan gunakan masker sebagai penutup hidung ketika sedang menghirup udara diluar rumah.
Bagikan Tips Cegah Virus Corona, Video Tik Tok Pegawai Kemensos Viral

Sumber: suara.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *