RESEP SAYUR FAVORIT DI INDONESIA ,YANG WAJIB DIKUASAI IBU RUMAH TANGGA

Jika membahas soal sayur Indonesia memiliki banyak sekali jenid sayur yang lezat dari berbagai suku di Indonesia. Ada beberapa jenis sayur khas dari beberbagai suku yang memang disukai hampir seluruh orang di Indonesia. Memang Indonesia tak bida lepas dari yang namanya makanan khas karena Indonesia memiliki berbagai macam rempah yang dapat membuat makanan menjadi lebih […]

3 Perbedaan Sayur Asem Jawa dan Betawi, Enak Mana yang Ya?

Jika membahas soal sayur Indonesia memiliki banyak sekali jenid sayur yang lezat dari berbagai suku di Indonesia. Ada beberapa jenis sayur khas dari beberbagai suku yang memang disukai hampir seluruh orang di Indonesia. Memang Indonesia tak bida lepas dari yang namanya makanan khas karena Indonesia memiliki berbagai macam rempah yang dapat membuat makanan menjadi lebih nikmat. Nah sekarang ini kita akan membahas resep sayur favorit yang ada di Indonesia seperti apa resepnya simak sebagai berikut.

1. Sayur Lodeh

Sayur lodeh memang menjadi makanan favorit orang Indonesia untuk menemani makan nasi sehari-hari. Sayur lodeh memiliki rasa gurih dan manis dengan bahan utama nangka atau bahan lainnya yang akan menggugah selera. Sayur lodeh makanan yang berasal dari Jawa hampir disukai oleh seluruh orang. Nah sayur lodeh sendiri memiliki berbagai macam jenis ada sayur lodeh nangka, sayur lodeh rebung, sayur lodeh ceker dan masih banyak lagi. Nah berikut ini resep sayur lodeh.

Bahan-bahan:

-1200 ml air
-3 butir kemiri (halus)
-10 buah pete, belah dua
-4 cm lengkuas, memarkan
-300 gram kerecek basah
-250 ml santan
-2 lembar daun salam
-2 sendok teh gula pasir
-2 sendok teh garam
-4 buah cabai hijau diiris menyerong
-1/2 sendok teh terasi
-200 gram nangka muda, potong
-100 gram kacang panjang potong sedikit panjang
-100 gram tempe potong dadu
-8 lembar daun melinjo
-2 cm jahe, memarkan
-minyak goreng secukupnya
-4 siung bawang putih (halus)
-4 butir bawang merah (halus)
-1 buah cabai merah besar (halus)
-1 ruas jari kunyit
-1 sendok makan ketumbar

2. Sayur Asem

Nah pastinya kalian sudah tidak asing lagi dengan sayur asem bukan. Ya makanan yang sering di masak oleh ibu kalian telah menemani hari-hari kalian untuk menyantap makanan. Sayur asem sangat cocok untuk sarapan di pagi hari karena rasanya yang gurih akan membuat mata langsung jos dan membuat kita semangat untuk menjalani aktivitas. Biasanya tukang sayur yang sering berkeliling di komplek atau perkampungan warga pastinya menjual sayur asem. Nah jika kamu ingin membuat sayur asem sendiri berikut resepnya.

Bahan-bahan:

– 1 ikat daun melinjo
– 5 buah kacang panjang
– 1 buah labu siam
– 1 buah jagung
– 2 buah wortel
– 3 siung bawang merah iris
– 2 siung bawang putih iris
– 2 lembar daun salam
– 3 cm lengkuas geprek
– 1 buah tomat iris
– 2 sdm air asem
– garam, gula, kaldu bubuk
– 700 ml air

3. Sayur Bening

Sayur selanjutnya yang sering di sajikan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia yaitu sayur bening. Ya sayur bening adalah salah satu makanan yang menyehatkan karena sayur bening menggunakan bahan utama bayam yang berguna untuk melengkapi kebutuhan asupan gizi. Biasanya anak-anak akan menyukai sayur bening karena rasanya yang asin dan kuahnya yang nikmat. Sayur bening juga cocok untuk disantap pada pagi hari saat cuaca masih dingin kuah hangatnya akan menambah semangat. Nah berikut resep sayur bening.

Bahan-bahan:

-1 ikat bayam segar

-1 buah jagung yang masih muda

-2 siung bawang merah

-1 ruas kencur

-500 ml air

-Gula, garam, dan kaldu bubuk sesuai sekera.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *