Cara Mengusir Tikus Yang Bisa Anda Coba

Pastinya banyak orang yang takut atau merasa jijik dengan yang namanya tikus. Apalagi jika hewan pengerat ini berada di dalam rumah. Tentunya hal ini akan membuat tidak nyaman bagi penghuni rumah.Selain tidak nyaman dan mengganggu, tikus ini juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit bagi manusia. Karena seperti yang diketahui bahwa tikus ini senang hidup di […]

Selain Hantavirus, 5 Penyakit Berbahaya Ini Juga Ditularkan oleh Tikus

Pastinya banyak orang yang takut atau merasa jijik dengan yang namanya tikus. Apalagi jika hewan pengerat ini berada di dalam rumah. Tentunya hal ini akan membuat tidak nyaman bagi penghuni rumah.Selain tidak nyaman dan mengganggu, tikus ini juga bisa menyebabkan berbagai macam penyakit bagi manusia. Karena seperti yang diketahui bahwa tikus ini senang hidup di tempat yang kotor.  Lalu bagaimana cara mengatasinya? Oleh karena itu, dalam tulisan kali ini membahas tentang cara mengusir tikus dari rumah dengan menggunakan bahan alami sebagai berikut :

1. Dengan Menggunakan Irisan Bawang

Cara pertama untuk mengusir tikus dari rumah secara alami adalah dengan menggunakan irisan bawang. Konon bawang ini sangat efektif untuk mengusir tikus secara almi. Karena aroma bawang ini bisa dianggap menjijikan bagi tikus. Tikus tidak menyukai aroma dari bumbu dapur yang satu ini. Caranya adalah dengan meletakkan irisan bawang di tempat yang sering didatangi tikus maupun termpat persembunyiannya. Dengan cara sederhana ini, dijamin si tikus tidak akan betah berlama-lama di sana dan langsung pergi. 

2. Dengan Menggunakan Lada Bubuk

Caranya adalah dengan meletakkan lada bubuk di tempat persembunyian tikus atau di tempat yang sering didatangi tikus. Karena dalam lada bubuk ini terdapat senyawa piperin yang sangat menyengat dan akan membuat tikus merasa terganggu dan langsung pergi.

3. Dengan Menggunakan Minyak Peppermint

Cara untuk mengusir tikus berikutnya adalah dengan menggunakan minyak peppermint. Adapun caranya adalah sebagai berikut : pertama celupkan beberapa bola kapas dalam minyak peppermint dan menempatkannya di daerah yang banyak tikusnya. Selain itu, anda juga bisa menggunakan minyak jarak atau serai.

4. Menggunakan Kulit Telur

Caranya adalah dengan menghaluskan kulit telur hingga menjadi bubuk. Setelah itu taburkan bubuk kulit telur tersebut yang sering dilintasi tikus. Mudahkan?

5. Menggunakan Kulit Buah Durian

Caranya adalah : Pertama potong kulit buah durian lalu letakkan di tempat-tempat yang sering didatang oleh tikus curut. Karena kulit buah durian ini, selain memiliki duri yang tajam, namun juga memiliki aroma yang menyengat sehingga bisa mengusir tikus curut.

6. Menggunakan Saus Cabai Dicampur Deterjen dan Air

Cara berikutnya untuk mengusir tikus adalah dengan menggunakan saus cabai yang dicampur dengan deterjen dan air. Adapun caranya adalah : Pertama letakkan campuran tersebut ke dalam botol semprotan. Lalu anda bisa menyemprotkan cairan tersebut saat tikus muncul. Dengan disemprokannya cairan ini, otomatis si tikus akan langsung merasa panas dan lari.

7. Baking Soda

Caranya campurkan baking soda pada makanan. Jika makanan ini dimakan oleh tikus, akan membuat tubuh tikus menggembung karena tidak bisa mengeluarkan gas yang dihasilkan soda. Tikus tersebut tidak akan langsung mati, tetapi akan lari ke ruang terbuka sebelum mati karena menahan gas tersebut.

8. Kulit Jengkol

Cara yang terakhir untuk mengusir tikus dari rumah adalah dengan menggunakan kulit jengkol. Karena pada kulit jengkol terdapat kandungan aroma yang tidak disukai tikus. Caranya adalah sebagai berikut :

– Pertama siapkan bahan-bahannya seperti kulit jengkol, blender, wadah semprotan, dan air secukupnya.

– Lalu blender kulit jengkol secukupnya dan pastikan sampai halus.

– Kemudian masukkan campuran tersebut ke dalam botol semprotan.

– Dan semprotkan ke area yang menjadi sarang tikus. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *