Cara Registrasi Kartu XL dengan Nomor Kartu Keluarga

Sejak tahun 2017 silam, pemerintah memberlakukan aturan bagi pelanggan kartu prabayar untuk melakukan registrasi dengan nomor Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga. Aturan ini bertujuan untuk melindungi pelanggan agar terhidar dari kerugian dari penyalahgunaan data pribadi. Aturan ini tidak hanya berlaku bagi kartu prabayar, namun juga berlaku bagi kartu prabayar. Salah satu provider telekomunikasi di […]

XL #IniCaraKita on Twitter: "Registrasi kartu perdana XL ya, bisa dilakukan  dgn cara kirim sms ke 4444 atau melalui website https://t.co/BsyvGBkXLD :)…  "

Sejak tahun 2017 silam, pemerintah memberlakukan aturan bagi pelanggan kartu prabayar untuk melakukan registrasi dengan nomor Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga. Aturan ini bertujuan untuk melindungi pelanggan agar terhidar dari kerugian dari penyalahgunaan data pribadi. Aturan ini tidak hanya berlaku bagi kartu prabayar, namun juga berlaku bagi kartu prabayar. Salah satu provider telekomunikasi di Indonesia, yakni XL juga diberlakukan hal yang sama bagi pelanggan lama dan pelanggan barunya.

Berikut ini adalah tujuan dan manfaat dari melakukan registrasi kartu:

  • Sebagai perlindungan kepada pengguna atau pelanggan dari penyalahgunaan kuota keluarga oleh pihak yang tidak bertanggung jawab dan bersifat kejahatan, misalnya seperti penipuan, kejahatan terorisme, spamming, dan kejahatan cyber lainnya.
  • Memberikan kemudahan bagi pelanggan untuk menikmati berbagai layanan, salah satunya adalah transaksi online atau non tunai.
  • Data yang dimasukkan saat proses registrasi bisa dijadikan sebagai data kepentingn seperti penyaluran dana, bantuan pemerintah, dan lain sebagainya.

Meskipun sudah diwajibkan oleh pemerintah, masih banyak juga yang merasa bingung untuk melakukan proses registrasi ini. Kebingungan terjadi karena pelanggan kehilangan Kartu Tanda Penduduk dan juga Kartu Keluarga. Memiliki indentitas seperti Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga adalah hal yang sangat penting sebagai warga negara, sebagaimana hal ini juga sudah diatur dalam undang-undang. Jika saat ini pelanggan mengalami masalah terkait dengan identitas, sebaiknya segera diurus dengan cara membuat KTP baru jika memang hilang atau rusak.

Berikut ini cara registrasi kartu XL dengan menggunakan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga:

  1. Registrasi via SMS

Pelanggan baru: ketik DAFTAR#NIK#NomorKK kirim ke nomor 4444

Sebagai contoh: DAFTAR#1234567891011134#5566778899110022 kirim ke 4444

Pastikan jika nomor NIK dan KK tidak salah dan benar-benar valid.   

  • Registrasi via Website

Dengan cara mengunjungi situs https://www.xl.co.id/registrasi. Jika menggunakan cara ini, pelanggan akan diminta untuk memasukkan nomor ponsel, kemudian sistem akan mengirimkan kode verifikasi melalui SMS. Setelah itu masukkan kode verifikasi di halaman yang diminta, lalu tekan verifikasi.

Kemudian masukkan nomor KTP atau juga NIK, lalu masukkan nomor KK. Setelah itu tekan submit.

Setelah pendaftaran selesai dilakukan, pelanggan akan mendapatkan konfirmasi melalui SMS.

Jika pelanggan sedang mengalami masalah pada KTP dan KK, kamu tetap bisa melakukan registrasi ini. Apabila pelanggan berusia di bawah 17 tahun dan belum memiliki KTP, jangan khawatir karena masih bisa melakukan proses registrasi, yakni dengan menggunakan NIK yang tertera di Kartu Keluarga milik orang tua. Mengingat setiap orang yang baru lahir akan memiliki Nomor Induk Kependudukan.

Karena poin utamanya adalah sebagai perlindungan terhadap identitas pribadi pelanggan, sehingga nomor identitas pribadi juga yang dijadikan sebagai input. Hal ini juga yang membuat pelanggan tidak bisa melakukan registrasi kecuali memenuhi persyaratan yang sudah ditetapkan.

Berikut ini informasi yang bisa dipersiapkan sebagai syarat melakukan registrasi:

  1. Bagi pelanggan yang merupakan Warna Negara Indonesia (WNI), harus memiliki:
  2. KTP-elektronik
  3. Kartu Keluarga (KK)
  4. Bagi pelanggan yang merupakan Warga Negara Asing (WNI), harus memiliki:
  5. Paspor
  6. KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap)
  7. KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara)

Akan ada proses validasi data terlebih dahulu calon pelanggan atau pelanggan baru. Adapun data yang dimasukkan saat registrasi nantinya akan divalidasi keabsahannya dengan data yang sudah ada di Ditjen Dukcapil. Proses ini menggunakan mekanisme pengiriman SMS ke nomor 4444 kemudian diteruskan ke sistem Ditjen Dukcapil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *