Hikmah dari Turun Hujan Beserta Doanya

Hujan bisa menjadi sangat istimewa karena di dalamnya terdapat berkah dan dikabulkannya doa. Ulama dari Mesir Syeikh Ahmad Al-Mishri mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) ketika melihat mendung beliau takut. Takut akan menjadi azab. Apabila melihat mendung pertanda akan turunnya hujan, Beliau berdoa agar hal itu membawa berkah.ketika hujan turun, Rasulullah mengucapkan  Allahumma Shayyiban Naafi’an  (Ya Allah […]

Kumpulan Bacaan Doa Saat Turun Hujan Lebat beserta Artinya

Hujan bisa menjadi sangat istimewa karena di dalamnya terdapat berkah dan dikabulkannya doa. Ulama dari Mesir Syeikh Ahmad Al-Mishri mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (SAW) ketika melihat mendung beliau takut. Takut akan menjadi azab. Apabila melihat mendung pertanda akan turunnya hujan, Beliau berdoa agar hal itu membawa berkah.
ketika hujan turun, Rasulullah mengucapkan

 Allahumma Shayyiban Naafi’an 

(Ya Allah turunkanlah pada kami hujan yang bermanfaat)

Selain itu juga ketika turun hujan, Rasulullah SAW bersyukur dan mensyukurinya dan membuatnya menjadi kesempatan terbaik memanjatkan doa. Berdasarkan  hadis dari Sahl bin Sa’d yang diriwayatkan oleh AL-Hakim dan Al- BAihaqi bahwa Beliau SAW bersabda: “Dua doa yang tidak akan ditolak, yaitu doa ketika adzan dan doa ketika turunnya hujan.” (HR. Al-Hakim dan Al-Baihaqi).

Dan ketika turun hujan, Syeikh Ahmad mengingatkan agar tidak mencela hujan dan jangan sekali-kali menyebutkan keburukan yang akan dibawa hujan. Hujan tidak boleh dicela karena merupakan rahmat dan berkah dari Allah Ta’ala. Maka ketika hujan turun dengan lebat maka dianjurkan untuk membaca doa berikut ini yang diriwayatkan oleh Bukhari:

اللَّهُمّ حَوَالَيْنَا وَلَا عَلَيْنَا,اللَّهُمَّ عَلَى الْآكَامِ وَالْجِبَالِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الْأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ


Artinya: “Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan.” (HR. Al-Bukhari)

Berikut merupakan beberapa hikmah dari turunnya hujan dalam kehidupan manusia

1. Ada Malaikat yang Bertugas Menurunkan Hujan.
Dalam Al Mu’jam Al-Kabir, Imam Ath-Thabrani meriwayatkan tentang percakapan Rasulullaah SAW dengan Malaikat Jibril, di antaranya:


قُلْتُ: عَلَى أَيِّ شَيْءٍ مِيكَائِيلُ؟ قَالَ: عَلَى النَّبَاتِ وَالْقَطْرِ

“Aku (Rasulullaah shallallaahu ‘laihi wa Sallam) bertanya, ‘Tentang apakah Mikail itu ditugaskan? Ia (yaitu Jibril) menjawab, ‘Ia ditugaskan mengurus tanaman dan hujan.”

2. Turunnya Hujan telah Ditulis di Lauhul Mahfudz.

Kejadian apapun yang telah terjadi di muka bumi ini telah Allah catat dalam Lauhul Mahfudz sejak 50.000 tahun sebelum penciptaan langit dan bumi. Semuanya telah menjadi takdir dan kehendak Allah Ta’ala. Termasuk dalam hal diturunkannya hujan, kapan terjadinya, di mana diturunkan, berapa intensitasnya dan bagaimana dampak dari hujan tersebut.

3. Tidak Ada yang Mampu Menurunkan Hujan kecuali Allah Ta’ala.

Allah Ta’ala berfirman:


مَا يَفْتَحِ اللَّهُ لِلنَّاسِ مِنْ رَحْمَةٍ فَلَا مُمْسِكَ لَهَا ۖ وَمَا يُمْسِكْ فَلَا مُرْسِلَ لَهُ مِنْ بَعْدِهِ ۚ وَهُوَ الْعَزِيزُ الْحَكِيمُ
Artinya “Apa saja yang Allah anugerahkan kepada manusia berupa rahmat, maka tidak ada seorangpun yang dapat menahannya. Dan apa saja yang ditahan oleh Allah, maka tidak seorangpun yang sanggup melepaskannya sesudah itu. Dan Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” (QS. Fathir: 2). Sebagian ulama seperti penulis tafsir Al-Jalalain mengatakan bahwa rahmat yang dimaksud di sini adalah rezeki dan hujan.

Berita terbaru, sudah dipastikan bahwa hujan yang Allah turunkan telah dipastikan dan tertulis di lauhul mahfudz, maka ketika hujan turun janganlah kita sebagai manusia mencela turunnya hujan. Karena hujan merupakan rezeki dan berkah yang Allah turunkan pada makhluk hidup. Maka ketika hujan turun bacalah doa turun hujan, kemudian Allah pun suka dengan hamba-Nya yang selali bersyukur dan tak lupa untuk membaca doa. Setelah doa turun hujan dibacakan, disarankan untuk membacakan doa-doa atau keinginan lainnya kepada Allah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *