Jenis-Jenis Jeruk Pelengkap Masakan

Anda suka makan jeruk? Banyak orang suka makan jeruk, apalagi jeruk manis. Selain rasanya yang enak, jeruk memiliki manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan. Buah jeruk kaya vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan. Selain itu, ada banyak nutrisi lain dari jeruk yang sangat berguna bagi tubuh. Selain bisa dimakan langsung, jeruk bisa juga diolah menjadi […]

Jeruk Baby A kg

Anda suka makan jeruk? Banyak orang suka makan jeruk, apalagi jeruk manis. Selain rasanya yang enak, jeruk memiliki manfaat yang besar untuk menjaga kesehatan. Buah jeruk kaya vitamin C yang bersifat sebagai antioksidan. Selain itu, ada banyak nutrisi lain dari jeruk yang sangat berguna bagi tubuh. Selain bisa dimakan langsung, jeruk bisa juga diolah menjadi sajian yang menyegarkan seperti jus jeruk atau es jeruk.

Macam-Macam Jeruk Pelengkap Masakan

Buah jeruk enak dimakan langsung. Jus jeruk juga sangat menyegarkan. Tetapi ada beberapa jenis jeruk yang tidak bisa anda makan langsung. Anda harus mengolahnya terlebih dahulu agar bisa dimakan. Beberapa jenis jeruk bahkan sering digunakan sebagai pelengkap masakan. Meskipun tidak bisa dimakan langsung, jeruk yang dijadikan penyedap masakan memberikan sensasi lezat pada masakan. Makanan pun semakin sedap dan maknyus.

Dari sekian banyak jenis jeruk di dunia, berikut ini jenis jeruk yang populer dijadikan penyedap atau pelengkap di Indonesia.

1. Jeruk nipis

Siapa sih yang tidak familiar dengan jeruk nipis? Jeruk nipis adalah jenis jeruk yang sangat sering kita jumpai dijadikan pelengkap masakan. Selain mudah didapat, jeruk nipis juga memberikan sensasi rasa yang nikmat pada makanan. Mulai dari sambal hingga soto, jeruk nipis menjadi bagian wajib di dalamnya.

Jeruk nipis sering digunakan untuk menghilangkan amis ikan atau kuliner seafood. Meski menjadi bahan penyedap masakan, anda tetap mendapatkan manfaat dari jeruk nipis. Jenis jeruk ini mengandung antioksidan yang baik melindungi tubuh dari radikal bebas. Anda tetap akan mendapatkan manfaat yang sama meski cara penyajiannya berbeda. Jeruk nipis juga biasa dijadikan sebagai pelengkap pada minuman yang menyegarkan tubuh.

2. Jeruk lemon

Jeruk lemon masuk ke urutan kedua jenis jeruk yang diolah sebagai bahan pelengkap masakan. Rasanya lebih asam daripada jeruk nipis. Selain dari perasaannya, kulit lemon juga sering diolah menjadi pelengkap makanan. Ukurannya juga lebih besar dibandingkan jeruk nipis. Tidak hanya digunakan untuk menghilangkan amis pada ikan, Sari jeruk lemon pun sering digunakan pada minuman dan makanan, mencegah oksidasi pada bahan makanan dan lain sebagainya.

3. Jeruk limau

Jeruk limau tidak sama dengan jeruk nipis. Bentuk dan ukurannya justru hampir sama dengan jeruk purut. Tekstur kulitnya berkerut dan tebal. Jeruk limau adalah jenis jeruk yang sering kita jumpai sebagai pelengkap masakan seperti sambal. Jeruk limau juga sering digunakan pada bumbu kacang siomay.

4. Jeruk purut

Jeruk purut memiliki kemiripan dengan jeruk limau mulai dari tekstur hingga ketebalan kulitnya. Rasanya asam namun Wangi. Jeruk ini sangat efektif untuk menghilangkan bau amis pada ikan. Fakta menarik di lingkungan kita, daun jeruk purut justru lebih banyak digunakan sebagai penyedap masakan daripada daging buahnya.

5. Jeruk calamansi

Apa sih jeruk calamansi? Jika penamaan ini terasa asing, mungkin anda akan lebih familiar dengan sebutan jeruk kunci, jeruk kasturi, songkit atau lemon cui. Ini adalah jeruk hibrida yang sering dipakai untuk menyedapkan masakan. Buahnya kecil dan kulitnya tipis. Rasanya tentu saja asam. Dan di Bengkulu, jeruk calamansi biasa dijadikan menjadi sirup.

Menarik, bukan? Ternyata tidak semua jenis jeruk bisa dimakan langsung. Ada beberapa jenis jeruk yang mesti diolah dahulu agar bisa dinikmati. Jika anda mau, dapatkan semua jenis jeruk buat pelengkap masakan di TaniHub. Selain ketersediaan buah jeruk yang lengkap, semua produk di dalamnya dalam kondisi terbaik. Dapatkan secara online dan duduk santai di rumah, anda akan mendapatkan pesanan segera dengan pengalaman yang memuaskan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *