24 Wajib Tahu, Ini 6 Jenis Kucing Siam

Kamu berencana untuk mengadopsi seekor kucing siam? Kucing cantik yang biasanya berbulu putih dan coklat berasal dari Thailand ini jenisnya banyak sekali lho. Sebelum kamu memilih satu, ketahui terlebih dahulu apa saja jenis kucing siam yang ada. Simak artikel ini untuk mengenal lebih jauh dengan jenis-jenis kucing siam agar kamu tidak salah pilih: Kucing Siam […]

Kucing Siam, Ras Kucing Asal Thailand yang Penyayang
source gambar : pixabay.com/Webandi

Kamu berencana untuk mengadopsi seekor kucing siam? Kucing cantik yang biasanya berbulu putih dan coklat berasal dari Thailand ini jenisnya banyak sekali lho.

Sebelum kamu memilih satu, ketahui terlebih dahulu apa saja jenis kucing siam yang ada. Simak artikel ini untuk mengenal lebih jauh dengan jenis-jenis kucing siam agar kamu tidak salah pilih:

  • Kucing Siam Tradisional atau Traditional Siamese Cat

Kucing siam jenis ini biasanya berukuran paling besar dari jenis kucing siam lainnya. Dengan bulu pendek yang lebat dan tebal, biasanya memiliki warna putih pucat yang berpadu dengan coklat gelap. Hidungnya mancung dengan pipi lebar yang terlihat agak kempot.

  • Kucing Siam Jadul atau Old Siamese Cat

Kucing siam jenis ini memiliki tubuh yang mirip dengan kucing siam tradisional. Perbedaannya ada di perawakan yang lebih kurus. Wajahnya sedikit lebih panjang, dengan bentuk mata seperti kacang almond.

Beberapa tahun belakangan, ada tren pembiakan kucing siam jadul dengan mata juling. Harganya pun tidak main-main dan banyak sekali dicari oleh para pecinta kucing.

  • Kucing Siam Klasik atau Classic Siamese Cat

Perbedaan kucing siam klasik dengan kucing siam tradisional adalah di perawakannya yang lebih ramping dan panjang. Kucing siam klasik sebenarnya lebih mirip dengan kucing kampung, memiliki bentuk wajah segitiga dan pipi yang kecil.

Ciri khusus dari kucing siam jenis ini adalah telinga yang lebih besar, hidung yang naik ke atas, dan ekor yang lebih panjang,

Konon kucing siam klasik lebih sulit dipelihara. Usianya juga dikenal memiliki rentang yang lebih pendek, yaitu maksimal lima tahun saja.

  • Kucing Siam Applehead atau Applehead Siamese Cat

Kucing siam jenis ini adalah jenis yang paling menggemaskan. Dengan kepala bulatnya yang seperti buah apel, kucing siam ini memiliki hidung yang mengarah ke bawah, pipi yang lebar, telinga yang lebih kecil dan tinggi, serta bulu yang lebih panjang dan halus.

Ciri lain dari kucing siam Applehead adalah bentuk tubuhnya yang gempal dan berotot. Belakangan banyak kucing siam Applehead yang lebih ramping, yang merupakah hasil perkawinan silang dengan jenis shorthair.

  • Kucing Siam Wedgies

Kucing siam wedgies adalah jenis kucing siam yang merupakan hasil kawin silang dengan jenis kucing siam yang lain.

Apa ciri khas utamanya? Tentu saja tergantung dari kucing siam yang dikawinsilangkan. Hasilnya diantaranya bermata sipit, memiliki telinga yang runcing dan besar, kepala yang berbentuk baji, serta hidung yang lebar.

Meski hasilnya lucu dan menggemaskan, sayangnya hasil kawin silang seringkali menyebabkan Wedgies rentan terhadap penyakit ginjal. Banyak yang berumur pendek (sekitar enam tahun saja) meski dirawat dengan baik.

  • Kucing Siam Modern atau Modern Siamese Cat

Kucing siam modern adalah jenis kucing siam yang tubuhnya paling ramping. Rata-rata berat kucing siam modern yang dewasa hanya berkisar di 5-7 kg.

Ciri utama kucing siam jenis ini adalah warna bulunya yang didominasi warna putih (albino) di  seluruh tubuh, dengan warna coklat muda di bagian wajah.

Kucing siam modern memiliki banyak nama berdasarkan warna tubuh yang mendominasi, diantaranya Brown Point, Lilac Point, Cream Point, Blue Point, dan Red Point.

Demikian 6 jenis kucing siam yang bisa menjadi referensi kamu untuk memilih sobat kucing di rumah. Selamat memilih ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *