Sejarah Umum Piala Menpora

Piala Menpora tentu sudah bukan menjadi hal asing lagi bagi Anda yang suka mengikuti berita olahraga. Terutama berita olahraga mengenai permainan sepak bola yang sangat terkenal dan banyak penggemarnya. Sebenarnya Piala Menpora ini merupakan suatu jenis turnamen sepak bola yang diselenggarakan oleh pihak Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia serta pihak PSSI. Diketahui bahwa turnamen […]

Piala Menpora 2021 dan Protokol Kesehatan yang Perlu Kalian Ketahui |  Pandit Football Indonesia

Piala Menpora tentu sudah bukan menjadi hal asing lagi bagi Anda yang suka mengikuti berita olahraga. Terutama berita olahraga mengenai permainan sepak bola yang sangat terkenal dan banyak penggemarnya. Sebenarnya Piala Menpora ini merupakan suatu jenis turnamen sepak bola yang diselenggarakan oleh pihak Kementrian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia serta pihak PSSI. Diketahui bahwa turnamen sepak bola ini digelar pertama kali tepatnya pada tahun 2013.

Pada saat itu turnamen ini dilakukan sebagai sebuah turnamen pramusim internasional. Sudah jelas turnamen ini banyak disukai orang terutama para penggemar sepak bola yang semakin membludak. Bahkan turnamen seperti ini menjadi suatu hal yang selalu ditunggu-tunggu oleh para penggemar bola. Permainan sepak bola memang begitu seru dan membuat orang yang melihatnya menjadi ikut bersemangat. Tak heran bila penggemar sepak bola semakin banyak termasuk di tanah air.

Piala Menpora Pertama

Pada Piala Menpora pertama yang diadakan di tahun 2013 rupanya Arema FC berhasil keluar sebagai juara. Dengan kata lain Arema FC telah berhasil tampil sebagai juara pada edisi pertama dari Piala Menpora dari 8 peserta. Saat itu babak final sembat berlangsung di Malang Jawa Timur tepatnya berlokasi di Stadion Kanjuruhan.

Saat babak final diketahui bahwa Singo Edan menang atas tim Australia yaitu Central Coast Mariner dengan perbedaan skor yang cukup tipis yaitu skor 2-1. Kemenangan klub Singo Edan dari Malang sudah pasti memberikan kebanggan tersendiri bagi klub sepakbola Malang. Bukan hanya klub sepakbola Malang saja melaihkan kemenangan klub sepakbola dari Malang ini turut menjadi suatu prestasi yang membanggakan bagi negara kita yaitu Indonesia.

Piala Menpora 2021

Rupanya Piala Menpora terus berlanjut hingga di tahun 2021 ini hingga diselenggarakan pula musim kedua. Di musim kedua ini rupanya peserta turnamen sudah lebih banyak. Bahkan turnamen sepakbola di musim kedua ini diikuti oleh jumlah peserta sebanyak 17 klub. Turnamen ini hadir dengan sistem setengah kompetisi khususnya untuk fase grup. Jadi ada beberapa grup dalam turnamen ini.

Grup A dihuni oleh klub PSIS Semarang dan Barito Putera sera Arema FC dan juga Persikabo 1973. Grup A ini bermain di Stadion Manahan yang berada di Solo. Sedangkan grup B hadir dengan peserta dari PSM Makassar dan Bhayangkaa Solo FC serta Borneo FC dan Persija Jakarta. Pertandingan untuk grup B berlangsung di Stadion Kanjuruhan Malang di Jawa Timur.

Grup lainnya yaitu grup C terdiri dari Madura United dan Persebaya Surabaya serta Persela Lamongan dan Persik Kediri lalu tak ketinggalan pula PSS Sleman. Untuk grup C menjalani pertandingan di Si Jalak Harupat Bandung. Terakhir ada grup D yang diisi oleh Persiraja Banda Aceh dan Persib Bandung serta Bali United dan juga Persita Tangerang yang bermain tepatnya di Stadion Maguwoharjo Sleman.

Piala Menpora yang terselenggara pada tahun 2021 ini tentu saja tak kalah seru dan menegangkan dari musim pertama. Hasilnya juara pertama diraih oleh Persija Jakarta dan posisi runner-up diraih oleh Persib Bandug. Sedangkan di peringkat ketiga ada PS Sleman lalu di peringkat keempat ada PSM Makassar. Predikat top stor pada pertandingan yang satu ini di musim kedua didapatkan oleh Assanur Rijal dari Persiraja banda Aceh. Turnamen sepak bola di musim ini memang semakin seru dan membuat masyarakat semakin antusias untuk membela klub favoritnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *