Esport Sudah Menjadi Ajang Bisnis

Terkenalnya  olah raga elektronik (Esport)yang terus menerus meningkat selama masa pandemi covid 19 seiring dengan banyaknya perusahaan yang mulai merambah industry tersebut lantaran banyak peluang – peluang bisnis yang di yakini sangat menjanjikan berita game ini bukan isapan jempol semata, contoh nya menjadi vendor ambassador merupakan hal yang bisa menjadi penghasilan yang fantastis. Bendahara asosiasi […]

6 Klub Sepak Bola Indonesia yang Punya Tim eSport, Ada Favoritmu?

Terkenalnya  olah raga elektronik (Esport)yang terus menerus meningkat selama masa pandemi covid 19 seiring dengan banyaknya perusahaan yang mulai merambah industry tersebut lantaran banyak peluang – peluang bisnis yang di yakini sangat menjanjikan berita game ini bukan isapan jempol semata, contoh nya menjadi vendor ambassador merupakan hal yang bisa menjadi penghasilan yang fantastis. Bendahara asosiasi modal ventura dan starup Indonesia (amvesindo) Edward ismawan mengungkapkan bahwa banyaknya pebisnis esports turut menjadi korporasi untuk mendekatkan diri kepada generasi muda agar mengenal brand nya.

Di kutip dari Edward ismawan ( amvesindo ) “ penggerak industri esports tidak ada bedanya dengan sports atau atraksi yang lainya yang digandrungi pemain game yang rata – rata anak muda sehingga akses ke pamain, club, liga dan fans ,tentu sudah menjadi ketertarikan korporasi untuk bisa turut serta memberikan pengaruh brand mereka ke selah selah pangsa pasarini “ ujarnya. Dia mencontohkan Mobile Premier League (MPL) yang saat ini menjadi liga esports yang populer turut menjadi magnet bagi korporasi untuk mendapatkan keuntungan dari olahraga yang tengah digandrungi milenial dan generasi Z saat ini.
“MPL, para juara dengan fanbase dan followers terbanyak akan makin populer dan mendapatkan sponsorship/endorsement dan arena merupakan liga esports yang populer, layaknya liga olahraga lainnya, popularitas para klub pemain apalagi yang juara menjadi target para korporasi untuk melakukan promosi dan beriklan,” katanya.

Berita game ini di sambut gembira oleh para gamers dan yang menoleh untuk siap terjun di bisnis ini,

Tim dari asvesindo juga mencontohkan dengan adanya acara pertandingan mobile premier league ( MPL ) yang saat ini menjadi icon liga esports yan populer turut menjadi magnet bagi korporasi untuk mendapatkan keuntungan dari olahraga yang tengah di gandrungi oleh kawula muda dan remaja dan tidak sedikit juga di minati oleh oang dewasa,serta tidak lepas para milenial dan generasi z saat ini.

 

“MPL, para juara dengan fanbase dan followers terbanyak akan makin populer dan mendapatkan sponsorship/endorsement dan arena merupakan liga esports yang populer, layaknya liga olahraga lainnya, popularitas para klub pemain apalagi yang juara menjadi target para korporasi untuk melakukan promosi dan beriklan,” katanya. Kepala Center of Innovation and Digital Economy Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Nailul Huda mengatakan industri esport memang merupakan salah satu subindustri digital yang lumayan pesat.
Huda memerinci motor penggerak utama dari esports adalah pertumbuhan kelas milenial dan gen Z yang memang sudah akrab dengan game dan keuntungan pendapatan dari game yang juga besar.

“Pertumbuhan pendapatan iklan dari game daring saja dapat tumbuh hingga 26 persen pada 2021 dan penjualan pernak-pernik game di app store hanya saja bisa tumbuh hingga 20 persen,” kata Huda. Berdasarkan data Statista, pasar esports telah berkembang pesat dalam beberapa tahun terakhir dengan makin banyak pemirsa yang menonton game favorit mereka dimainkan oleh sejumlah pemain game terbaik di dunia. Pada 2024, diperkirakan ada hampir 286 juta penggemar esports di seluruh dunia, meningkat pesat dari 197 juta pada 2019. Selain itu, sekitar 291,6 juta orang diperkirakan sesekali menonton esports pada 2024.
“Pertumbuhan penggunanya bisa meningkat hingga 18—20 per tahun. Dengan angka pengguna game daring yang tumbuh sebesar itu, bisa dibilang minimal besaran ekonomi digital sub game daring bisa tumbuh hingga 8 persen per tahunnya. Ini jadi alasan kuat banyak perusahaan masuk ke sektor sini,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *