5 Alat Elektronik Dapur yang Bisa Jadi Modal Jualan

Di masa pandemi, banyak orang yang mencari aktivitas baru di rumah agar betah, lebih produktif, dan syukur-syukur bisa berubah atau menghasilkan sesuatu dari sana. Salah satunya berbisnis agar bisa menghasilkan pundi-pundi uang tambahan. Buat orang yang suka masak dan eksperimen resep baru, dapur adalah tempat di mana mereka bebas berkreasi dan menghadirkan ragam makanan baru […]

Di masa pandemi, banyak orang yang mencari aktivitas baru di rumah agar betah, lebih produktif, dan syukur-syukur bisa berubah atau menghasilkan sesuatu dari sana. Salah satunya berbisnis agar bisa menghasilkan pundi-pundi uang tambahan. Buat orang yang suka masak dan eksperimen resep baru, dapur adalah tempat di mana mereka bebas berkreasi dan menghadirkan ragam makanan baru yang bikin suasana di rumah makin menyenangkan. 

Apalagi kalau alat elektronik yang ada di dapur lengkap, bisa makin semangat deh nguliknya. Bukan cuma ngulik untuk dimakan sendiri, bahkan kalau kamu punya niat jualan kreasi makanan, ada lima alat elektronik di dapur yang bisa kamu jadikan andalan membuat kreasinya, lho, yaitu: 

Food Processor

Bisa untuk mengolah aneka daging, food processor bisa kamu manfaatkan untuk membuat kreasi bakso. Baik untuk dimakan sendiri ataupun dijual dan dijadikan sebagai bisnis. Apalagi bakso termasuk makanan yang bisa dimakan kapan pun baik sebagai makanan utama maupun cemilan, bisa juga dibuat dalam bentuk frozen sehingga daya simpannya lebih lama. 

Di pasaran, food processor biasanya dibanderol dengan harga mulai dari Rp 600 ribuan, tergantung dengan spesifikasi, fungsi, dan brandnya. Kalau kamu punya keahlian membuat bakso yang enak untuk dimakan atau dijual kembali, food processor bisa jadi alat yang perlu kamu miliki. 

Oven Listrik

Cookies dan cupcake adalah dua kreasi kue yang nggak pernah ketinggalan zaman. Sebab, selalu ada ruang untuk dessert dan aneka penganan manis dalam setiap konsumsi kita sehari-harinya. Kalau punya oven listrik di rumah, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat kreasi kue dan roti. Kalau nggak punya, oven listrik sekarang bukan lagi jadi barang mahal, lho. Bahkan dengan Rp 300 ribuan, kamu bisa punya oven listrik cantik dan minimalis. Salah satunya brand Mito atau Dorahomi yang memiliki kapasitas hingga 12 liter. 

Juicer

Berbeda dengan blender, juicer berfungsi untuk menghancurkan dan memisahkan ampas buah atau sayuran yang dimasukkan ke dalamnya. Alhasil, kamu akan mendapat satu gelas jus murni berisi sari buah atau sayuran. Baik untuk dikonsumsi sendiri atau dijadikan ide bisnis jus segar atau bahan dasar pembuatan selai. 

Tapi, blender pun sangat bisa dijadikan modal alat untuk berbisnis. Misalnya, kamu mau bisnis minuman di rumah seperti jus buah atau minuman kemasan yang diblender. Tergantung dengan alat yang dimiliki dan kebutuhan masing-masing. 

Waffle Maker

Waffle maker adalah salah satu alat elektronik dapur yang sedang hits sejak pertengahan tahun 2021 karena adanya tren croffle alias croissant waffle. Dengan adanya waffle maker, peluangmu untuk bisa jualan croffle juga semakin besar. Sebab, waffle maker adalah salah satu kunci alat yang bisa membuat tekstur adonan croissant menjadi bak sarang lebah dengan tekstur yang lebih crunchy. 

Di toko online, waffle maker dengan kualitas terbaik biasanya memiliki harga cukup tinggi, mulai dari 500 ribuan. Tapi, nggak perlu khawatir. Kalau kamu berminat berbisnis croffle dan butuh beli waffle maker, kamu bisa manfaatkan layanan cicilan tanpa kartu kredit yang tersedia di toko online atau e-commerce seperti Tokopedia, Blibli, Lazada, JD.id, atau Shopee. 


Salah satunya adalah Kredivo, layanan cicilan tanpa kartu kredit yang sudah menggandeng e-commerce tersebut sebagai mitra. Dengan kata lain, kalau kamu sudah menjadi pengguna Kredivo dan punya limit, kamu bisa ambil cicilan waffle maker secara langsung. Ada dua pilihan cicilan yang juga bisa kamu pilih sesuai kemampuan: cicilan 0% dengan tenor 3 bulan atau cicilan yang lebih panjang dengan tenor 6 atau 12 bulan, dengan suku bunga per bulannya hanya 2,6%. Nggak perlu pakai DP, tinggal pilih cicilan pakai Kredivo di laman pembayaran. Mudah banget!

Toaster

Serupa tapi tak sama, toaster juga bisa menjadi alat elektronik dapur yang dapat dimanfaatkan sebagai modal jualan. Misalnya, untuk jual roti bakar rumahan. Dibanding waffle maker, toaster biasanya punya harga lebih murah yaitu mulai dari Rp 200 ribuan. Namun, karena kapasitasnya yang kecil, kalau mau dijadikan modal jualan, toaster hanya bisa skala rumahan atau bisnis skala kecil. Jika ingin yang lebih besar, kamu bisa pertimbangkan untuk membeli panggangan yang lebih lebar untuk bisnis roti bakar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *