8 Potensi Manfaat Anggur Untuk Kesehatan Yang Perlu Diketahui

Tidak hanya lezat, buah anggur juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Buah bercitarasa manis sedikit asam ini sudah dikenal sejak tahun 6.000 sebelum Masehi. Buah yang termasuk makanan sehat yang kaya nutrisi ini mengandung 1.600 senyawa alami yang baik bagi kesehatan tubuh, termasuk beberapa antioksidan penting. Buah anggur juga diperkaya dengan vitamin C, B6, A, […]

Anggur Red Globe | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Tidak hanya lezat, buah anggur juga memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Buah bercitarasa manis sedikit asam ini sudah dikenal sejak tahun 6.000 sebelum Masehi. Buah yang termasuk makanan sehat yang kaya nutrisi ini mengandung 1.600 senyawa alami yang baik bagi kesehatan tubuh, termasuk beberapa antioksidan penting.

Buah anggur juga diperkaya dengan vitamin C, B6, A, K, mineral kalium, dan mangan. Selain itu, buah ini termasuk makanan rendah kalori karena setiap cangkirnya hanya memiliki 100 kalori saja. Dengan sederet nutrisi penting yang dimilikinya, berikut 8 potensi manfaat anggur untuk kesehatan :

  • Mencegah Penyakit Kronis

Buah anggur mengandung antioksidan penting mulai dari antosianin, polifenol, vitamin C, beta-karoten, quercetin, lutein, likopen, hingga asam ellagic yang bermanfaat untuk mencegah penyakit kronis.

Buah anggur merah mengandung antioksidan yang lebih banyak dibandingkan anggur hijau atau warna lainnya. Senyawa penting antioksidan paling banyak dijumpai dibagian kulit atau biji anggur.

Seperti diketahui, antioksidan memegang peranan penting untuk memperbaiki sel – sel yang rusak karena radikal bebas pemicu stres oksidatif. Selama ini stres oksidatif menjadi biang penyebab sejumlah penyakit kronis seperti diabetes, kanker, dan penyakit jantung.

  • Menurunkan Tekanan Darah

Didalam satu cangkir buah anggur terkandung 288 mg kalium, atau mampu mencukupi 6 % kebutuhan kalium harian tubuh. Kalium dibutuhkan untuk mengontrol kadar tekanan darah. Kurangnya asupan mineral ini rentan meningkatkan risiko tekanan darah tinggi, penyakit jantung, dan juga stroke.

  • Membantu Mengurangi Kolesterol Tinggi

Kandungan senyawa resveratol dalam anggur juga bisa membantu mengurangi kolesterol tinggi dengan mengikat kolesterol. Sebuah penelitian kecil yang melibatkan 69 orang penderita kolesterol tinggi mengungkapkan bahwa, penderita yang mengonsumsi tiga porsi anggur merah sehari selama delapan minggu terbukti memiliki kadar kolesterol jahat (LDL) lebih rendah.

  • Menjaga Kesehatan Mata

Beberapa penelitian terkontrol ataupun riset laboratorium mengungkapkan bahwa, aggur juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Anggur bisa membantu mencegah kerusakan retina, menurunkan risiko gangguan penglihatan degenerasi makula terkait usia, mencegah katarak serta glaukoma, dan melindungi mata dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

  • Meningkatkan Daya Ingat, Fokus, Dan Suasana Hati

Dengan rutin mengonsumsi buah anggur pun bisa membantu meningkatkan daya ingat dan kesehatan otak. Selain itu, buah anggur potensial untuk meningkatkan suasana hati jadi lebih positif, meningkatkan fokus, dan mencegah Alzheimer serta demensia.

  • Mendukung Diet Sehat

Manfaat buah anggur untuk diet sehat yaitu bisa membantu mendukung program manajemen berat badan. Buah anggur termasuk jenis makanan rendah kalori, bebas lemak, dan memiliki indeks glikemik yang rendah.

Untuk mendukung upaya diet sehat, rajin – rajinlah konsumsi anggur, menjaga pola makan sehat, meminimalkan asupan gula, dan rutin berolahraga.

  • Menjaga Daya Tahan Tubuh

Anggur mengandung senyawa antioksidan yang bisa membantu melindungi kesehatan dan fungsi sel penunjang sistem daya tahan tubuh. Anggur pun terbukti mampu melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus, atau jamur tertentu.

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa manfaat buah anggur berguna untuk melawan penyakit flu, menghentikan penyebaran virus herpes, cacar air, infeksi jamur, serta mencegah perkembangan bakteri E Coli.

  • Menunjang Kesehatan Kulit

Selain sederet manfaat diatas, buah anggur juga bisa melindungi tubuh dari efek buruk paparan sinar matahari. Selain itu, anggur berkhasiat untuk kulit yang sayang dilewatkan yaitu membuat tampilan tampak lebih awet muda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *