Manfaat Mengajarkan Sholat Dhuha Pada Anak Sedari Kecil

            Pentingnya mengajarkan ilmu agama kepada anak sejak anak berusia dini. Ternyata selama ini anak tidak hanya membutuhkan tambahan ilmu mengenai ilmu formal saja, tetapi anak juga harus mendapatkan ilmu tambahan mengenai ajaran agama sehingga ilmu anak tentang pemahaman agamanya akan bertambah.             Biasanya saat di sekolah formal anak hanya akan mendapatkan ilmu agama mengenai […]

Niat, Doa dan Tata Cara Sholat Dhuha

            Pentingnya mengajarkan ilmu agama kepada anak sejak anak berusia dini. Ternyata selama ini anak tidak hanya membutuhkan tambahan ilmu mengenai ilmu formal saja, tetapi anak juga harus mendapatkan ilmu tambahan mengenai ajaran agama sehingga ilmu anak tentang pemahaman agamanya akan bertambah.

            Biasanya saat di sekolah formal anak hanya akan mendapatkan ilmu agama mengenai hal – hal yang memang diwajibkan dalam agama seperti contohnya sholat 5 waktu. Padahal dibalik itu masih banyak sekali sholat sunnah yang bisa diajarkan kepada anak agar anak mengerti bahwa ada ibadah lain yang bisa menambah pahala kita di dunia.

            Tugas anda sebagai orang tua adalah memperkenalkan pada anak bahwa ada beberapa sholat sunnah yang bisa dikerjakan sesuai dengan waktu dan juga tujuan kita melaksanakan sholat sunnah tersebut. Salah satu sholat sunnah yang bisa anda sebagai orang tua ajarkan pertama kali pada anak yaitu sholat Dhuha.

            Mengapa Sholat Dhuha ? Karena sholat ini dilaksanakan di pagi hari dimana anak biasanya sudah mulai beraktifitas jadi tidak memberatkan anak jika mesti bangun di tengah malam atau yang lainnya. Anda bisa mulai mengajarkan mengenai sholat dhuha dari mulai memberi tahu ap aitu artinya, jumlah rakaatnta, dan tata cara sholatnya.

            Anda bisa mengajarkan pada anak tentang tata cara sholat dhuha dari mulai membaca niat sholat dhuha sampai ke semua urutan yang dilakukan dalam sholat dhuha. Anda bisa mengajarkan bacaan niat sholat dhuha berikut ini :

“Ushalli Sunnatan-dhuhaa rak’ataini lillaahi ta’aalaa.”

Artinya : “Aku niat sholat sunah dhuha dua rakaat, karena Allah ta’ala.”

            Barulah setelah diajarkan membaca niat sholat dhuha berikut anda bisa mengajarkan tata cara pelaksanaan sholat dhuha yang selanjutnya. Berikut tata cara pelaksanaan dari sholat dhuha :

  • Rakaat pertama diawali dengan takbir, lalu membaca iftitah, lalu membaca al-fatihah, dan dilanjutkan dengan membaca surat pendek apa saja. Hanya saja dianjurkan untuk membaca surat Asy-Syam atau Al-Lail. Kemudian rukuk, lalu iktidal, dan melakukan sujud, bangun dan duduk diantara dua sujud, kemudian sujud kembali seperti sholat biasa.
  • Setelah rakaat pertama selesai dilajutkan rakaat kedua seperti urutan diatas hanya saja tanpa membaca iftitah kembali. Kemudian diakhiri dengan tasyahud akhir dan membaca salam dua kali.
  • Membaca Doa setelah Sholat Dhuha

Setelah melaksanakan sholat dhuha jangan terburu – buru meninggalkan tempat, anda bisa mengajarkan pada anak tentang amalan berupa doa yang bisa anda bacakan setelah anda melaksanakan sholat dhuha tersebutm berikut doanya.

“Allahumma innadhdhuha-a dhuha-uka, walbahaa-abahaa-uka, wal jamaala jamaaluka, wal quwwata quwaatuka, wal qudrota qudrotuka, wal ‘ishmata ishmatuka. Allahuma inkaana rizqii fissamma-i fa anzilhu, wa inkaana fil ardhi fa-akhrijhu, wa inkaana mu’siron fayassirhu, wainkaana harooman fa thohhirhu, wa inkaana ba’idan fa qoribhu, bihaqqiduhaa-ika wa bahaaika, wa jamaalika wa quwwatika wa qudrotika, aatini maa ataita ‘ibaadakash shoolihiin.

Artinya: “Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagungan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Ya Allah, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, keagungan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah kepadaku apa yang Engkau berikan kepada hamba-hambaMu yang shalih.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *